BerandaHeadlineUsik Dominasi Samsung, Oppo & Honor Ikut Terjun dalam Persaingan Ponsel Lipat

Usik Dominasi Samsung, Oppo & Honor Ikut Terjun dalam Persaingan Ponsel Lipat

Dua produsen smartphone dari Tiongkok mengikuti jejak Samsung guna mengecap nikmatnya ‘kue’ pasar ponsel lipat. Demikian dilaporkan media bisnis Forbes.

“Samsung telah lama memonopoli kategori pasar ini. Namun, produsen dari Tiongkok akan turut serta dalam persaingan sengit ini,” tulis Forbes.

Kedua produsesn perangkat lipat baru ini adalah Honor dan Oppo, dua merek yang telah membuat ponsel unggulan selama setengah dekade. 

Perangkat Honor, bernama Magic Vs, adalah buku lipat seperti buku lipat yang berhasil menjejalkan baterai 5.000 mAh di dalam bodi yang lebih tipis dari Samsung Fold 4 (Fold 4, jika Anda bertanya-tanya, memiliki baterai 4.400 mAh) .

- Advertisement -

Magic Vs mengemas layar 7,9 inci, 120Hz yang cantik di bagian dalam yang terlipat secara vertikal. 

Saat dilipat, layar luar berukuran 6,5 inci, dengan rasio aspek smartphone konvensional. Karena terlipat seluruhnya rata dan tidak meninggalkan celah seperti lipatan Samsung, rasanya seperti ponsel biasa saat ditutup.

Sementara Oppo meluncurkan dua perangkat lipat minggu ini: perangkat lipat dalam besar bernama Find N2 (seperti Magic Vs) dan perangkat lipat clamshell bernama Find N2 Flip. 

“Yang terakhir dikonfirmasi untuk diluncurkan secara internasional, sementara yang pertama terbatas hanya di China untuk saat ini, tetapi Oppo membiarkan pintu terbuka untuk peluncuran internasional jika ada cukup permintaan,” tulis Forbes

Secara mengesankan, Oppo berhasil menurunkan 42g dari bobot Find N pertama sambil mempertahankan ukuran perangkat yang sebagian besar sama seperti tahun lalu. Oppo mengatakan berhasil melakukannya dengan mendesain ulang engselnya.

“Engsel Find N2 sangat bagus, dan lebih baik dari Honor. Itu dapat tetap di tempatnya seperti Samsung dan membuka dan melipat membawa perasaan yang sangat meyakinkan. Saya tidak mengatakan engsel Honor terasa tipis, tetapi tidak bisa tetap di tempatnya.”

Oppo Find N2 mengusung layar lipat berukuran besar 7,1 inci yang menggunakan orientasi lanskap lebih luas. Saat dilipat, menjadi ponsel mungil dengan layar luar 5,5 inci. Kedua layar cantik, dengan kecepatan refresh hingga 120Hz.

Seperti disebutkan, layar Honor Magic Vs dan Oppo Find N2 tidak menunjukkan banyak lipatan saat dilipat, karena keduanya menggunakan mekanisme pelipatan tetesan air yang melihat rongga yang dibangun di dalam engsel, di mana layar dilipat untuk lipatan yang lebih lembut.

- Advertisement -

Samsung Fold 4 masih memiliki beberapa keunggulan, seperti peringkat tahan air resmi dan kecerahan layar puncak yang lebih tinggi, tetapi sebaliknya, sama sekali tidak dapat disangkal bahwa layar lipat Oppo dan Honor terlihat lebih baik, hanya karena tidak menunjukkan lipatan yang dalam di luar.

Dalam hal komponen internal, kedua ponsel lipat memiliki banyak kesamaan, keduanya bertenaga chip Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1, dengan sistem tiga kamera yang mencakup panjang fokus ultra-lebar, lebar, dan telefoto. Perangkat Honor memiliki baterai yang lebih besar, tetapi perangkat Oppo lebih ringan.

Ponsel lipat Oppo lainnya, clamshell Flip, menghadirkan sebagian besar kekuatan saudara kandungnya yang lebih besar. Ini memiliki layar tanpa cacat dengan baterai lebih besar dari Flip milik Samsung. Ini juga menampilkan tampilan sampul luar yang lebih besar.

Faktor Harga Juga Menjadi Pembeda Ponsel Lipat Oppo & Honor

Mungkin yang lebih penting, harga eceran resmi kedua ponsel di China hanya sekitar US$1.100, jauh lebih murah daripada US$ 1.800 ponsel lipat Samsung. 

“Meskipun mereka hampir pasti akan melihat kenaikan harga saat dijual di Eropa dan negara-negara Asia seperti Jepang atau Singapura, harganya tetap harus lebih rendah dari ponsel lipat Samsung,” lapor Forbes.

Menurut Forbes, kedua ponsel lipat tersebut tidak akan langsung menyalip penjualan ponsel lipat Samsung dalam waktu dekat.

“Tetapi penjualan perangkat ini ke negara-negara di luar China, akan membuat Samsung memperhatikan.”

Meskipun belum ada konfirmasi resmi, ada rumor bahwa Google juga bakal meluncurkan perangkat lipatnya sendiri pada tahun depan. 

“Apapun masalahnya, konsumen yang tertarik dengan perangkat lipat akhirnya harus memiliki lebih dari satu merek untuk dipilih pada tahun 2023,” pungkas jurnalis Forbes, Ben Sin. [BAB]

Terkini